Ahad, 28 September 2025

Follow us:

infobrand
11th INFOBRAND

TrueMoney Dobrak Pasar Grassroot

Posted by: Dedi Hidayat | 12-03-2019 16:31 WIB | 4275 views

TrueMoney Dobrak  Pasar Grassroot Rio da Cunha, Direktur True Money Indonesia

Sesuai dengan positioningnya  sebagai lembaga unbank, TrueMoney menyasar kelas C, D dan E. Mulai dari pembelian pulsa, pembayaran rekening secara online, pengiriman dan penerimaan uang, sampai pembelian tiket kereta api, bisa dilakukan di agen-agen TrueMoney.

“Setiap hari ratusan tim sales TrueMoney turun ke pasar. Bertemu dengan banyak komunitas, paguyuban, ibu-ibu arisan dan sebagainya.  Mengadakan workshop, mengedukasi masyarakat menjadi entrepreneur.  Tidak ada joining fee. Yang penting punya smartphone android , cukup dengan Rp 20 ribu,  anda sudah bisa jadi agen TrueMoney. Dan kami sediakan mesin printer bluetooth dan EDC,” ujar Rio da Cunha, Direktur TrueMoney Indonesia.

Transaksi token listrik saat ini  menjadi  yang paling favorit. Dan penyumbang kedua produk remitansi yang dibangun sejak 2017 lalu, baik yang transfer melalui bank atau non bank. “Kontribusi produk remittance hingga 50% dari total produk TrueMoney. Total transaksi  reminten kami lebih dari 30 ribu per hari,”ujarnya.

IKLAN INFOBRAND.ID

IBOS EXPO 2025

Dari hasil survey internal TrueMoney diperoleh kesimpulan, tak sedikit masyarakat Indonesia  yang mengirim atau menerima kiriman tidak punya rekening bank.  Sementara, kalangan di kelas ini juga ingin mendapat layanan yang sama seperti  bank, yang cepat, real time, realible, dan sebagainya.

“Membangun brand awareness TrueMoney, kami gunakan hal-hal yang paling kampung, yang paling gampang dicerna orang. Kami tak punya banyak budget untuk promosi dengan menggunakan model endorser yang mahal. Yang meng-endorse kami adalah  para agen kami dan para kasir seperti kasir Alfamart yang tak perlu dibayar mereka mau mempromosikan TrueMoney,”ungkap Rio.

Para agen TrueMoney harus berevolusi setiap hari. “Let’s together with us! Makanya kami lakukan komunikasi dengan bahasa yang paling mudah dipahami. Acara dangdutan adalah salah satu yang menarik perhatian target sasaran pasar TrueMoney,” tegas Rio yang menyebut  daerah potensial pasarnya terbanyak di Jabodetabek, Madura, Indramayu dan Cirebon.

IKLAN INFOBRAND.ID

TOP INNOVATION CHOICE AWARD 2025

TrueMoney punya “tim cicak” di lapangan yang gencar melakukan aktifitas  branding.  Ada lokasi-lokasi tertentu yang dijadikan ‘Kampung TrueMoney” yang bernuansa orange dengan  branding yang  full eye catching.

Target marketnya  di pinggiran kota, digempur 360 derajat dengan strategi pemasaran yang gencar.  Saat ini komposisi digital marketing  TrueMoney mencapai 60%, diikuti dengan kegiatan off line.

Di tahun 2018  TrueMoney menyabet  dua penghargaan bergengsi yaitu, Indonesia Digital Popular Brand Award (IDPBA) 2018 di kategori Jasa Pengiriman Uang non-Bank yang diselenggarakan TRAS N CO Indonesia dan  dari Warta Ekonomi Awards: Innovative Company in Digital Remittance Services .

IKLAN INFOBRAND.ID

JASA PRESS RELEASE

Selain itu, pada Juni 2016 penghargaan dari Musium Record Indonesia (MURI) untuk kategori Memasyarakatkan Uang Non Tunai Syariah Secara Estafet di Kota Terbanyak”. Di tahun yang sama meraih penghargaan Rekor Bisnis, Koran Sindo,  “E-Money Syariah Pertama dengan Pertumbuhan Tercepat”. Pada September 2016 Marketing Awards: “The Best in Innovation Marketing”  dan “Digital Brand Category E-Money Financial Institutions Non-Bank” dari Infobank. -adv


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV