Ahad, 28 September 2025

Follow us:

infobrand
11th INFOBRAND

TIKI Genjot Transformasi Digital di Usia 55 Tahun

Posted by: Zeinal Wujud | 05-09-2025 16:33 WIB | 271 views

TIKI genjot transformasi digital di usia 55 tahun, hadirkan inovasi layanan, promo khusus mahasiswa, dan dukung wirausaha kurir di daerah.

TIKI Genjot Transformasi Digital di Usia 55 Tahun Direktur Utama TIKI, Yulina Hastuti (Ketiga dari kiri), saat Rakornas TIKI di Jakarta dalam rangka perayaan HUT ke-55.

INFOBRAND.ID, Jakarta - Kemampuan PT Citra Van Titipan Kilat (TIKI) menjaga relevansi dan beradaptasi dengan perubahan zaman menjadi kunci daya tahannya di industri jasa kurir. Di usianya yang ke-55 pada 1 September 2025 lalu, TIKI menegaskan komitmennya untuk terus relevan dengan kebutuhan konsumen modern, khususnya generasi muda yang akrab dengan teknologi digital.

Baca juga:

Direktur Utama TIKI, Yulina Hastuti, menegaskan, “Perjalanan 55 tahun TIKI adalah bukti konsistensi kami untuk selalu Ngirim Tanpa Skip. Filosofi ini mencerminkan komitmen kami dalam menjaga kepercayaan pelanggan sekaligus keberanian untuk beradaptasi dengan perkembangan zaman.”

IKLAN INFOBRAND.ID

IBOS EXPO 2025

Ia menjelaskan, transformasi digital yang dijalankan TIKI tidak hanya menyangkut penggunaan teknologi, tetapi juga tentang bagaimana perusahaan hadir lebih dekat, relevan, serta mampu menjadi solusi nyata untuk kebutuhan logistik masyarakat dan pelaku bisnis yang dinamis.

Menurut Yulina, konektivitas menjadi fondasi utama TIKI dalam membangun bisnis, yang diwujudkan melalui tiga dimensi: menghubungkan daerah ke daerah, membangun hubungan erat dengan konsumen lintas generasi, serta memperkuat koneksi bersama mitra bisnis agar selaras dengan visi perusahaan. “Serta bagaimana membangun koneksi dengan para mitra bisnis kami agar selalu sejalan dengan visi TIKI,” ujarnya dalam Rakornas TIKI di Jakarta, 3 September 2025.

Transformasi digital diwujudkan melalui pengembangan Aplikasi TIKI dan sistem pelacakan real-time, sehingga konsumen dapat memantau setiap tahap pengiriman dengan mudah. Langkah ini meningkatkan efisiensi sekaligus menghadirkan pengalaman layanan yang sesuai gaya hidup digital.

IKLAN INFOBRAND.ID

TOP INNOVATION CHOICE AWARD 2025

Selain digitalisasi, TIKI juga menawarkan inovasi layanan sesuai kebutuhan konsumen muda, mulai dari pengiriman instan, kargo, hingga layanan unik seperti pengiriman reptil (TIREX), ikan (SRP), tanaman & buah-buahan (DAT), serta makanan beku (FROOZY).

Dalam rangka HUT ke-55, TIKI meluncurkan Promo Istimewa Antar (PINTAR) khusus mahasiswa. Selama 3–21 September 2025, mahasiswa bisa memanfaatkan layanan Same Day Service (SDS) dan Over Night Service (ONS) dengan diskon 30 persen dari Jakarta ke kota-kota kampus. Promo berlaku untuk pengiriman minimal 10 kg dengan menunjukkan kartu mahasiswa, sementara untuk pengiriman di atas 20 kg tersedia layanan penjemputan gratis.

TIKI tidak hanya fokus pada inovasi layanan, tetapi juga membuka peluang wirausaha kurir di berbagai daerah melalui model bisnis kemitraan. Hingga kini, TIKI memiliki jaringan lebih dari 500 kantor perwakilan, 3.700 gerai, dan 69 cabang yang banyak dikelola mitra lokal.

IKLAN INFOBRAND.ID

JASA PRESS RELEASE

Pola ini memungkinkan anak daerah menjadi wirausaha sekaligus memperkuat jaringan logistik nasional. Rizki Budi Aditya, Pimpinan Agen Utama TIKI Purwokerto, menyatakan, “Bermitra dengan TIKI selalu meninggalkan kesan yang baik. Perusahaan terus berinovasi dan menghadirkan layanan terbaik, sehingga bisnis kami dapat berkembang, dikenal, dan dihargai masyarakat Indonesia.”

Senada, Rizka Sari Yuliani, Pimpinan Agen Utama TIKI Bekasi, menambahkan, “Bagi saya, TIKI lebih dari sekadar bisnis — TIKI adalah keluarga. Semangat kekeluargaan yang hangat sekaligus profesional terasa nyata di antara para mitra, menjadi kekuatan TIKI selama lebih dari 55 tahun. Di sini, bisnis kurir tidak hanya soal mengantar paket, tetapi juga bagaimana kita bisa menjadi mitra strategis bagi pelanggan.”

Sejak 2017, TIKI menjalankan transformasi digital menyeluruh, baik pada sisi front-end (booking dan pelacakan kiriman) maupun back-end (operasional dan manajemen internal). Beberapa inisiatifnya antara lain Smart Control Tower untuk memantau kinerja cabang dan kurir secara real-time, serta Transportation Management System (TMS) untuk optimasi rute dan efisiensi operasional.

TIKI juga berinvestasi pada peningkatan kompetensi digital karyawan melalui pelatihan dan uji kompetensi berkala agar seluruh tim siap menghadapi perubahan teknologi dan kebutuhan pelanggan modern.

Di tengah tantangan ekonomi dan penurunan daya beli, Yulina tetap optimistis. “Di tengah penurunan daya beli masyarakat dan pelemahan ekonomi saat ini, kami tetap optimistis dapat bertahan sekaligus mencatat pertumbuhan. Hal ini karena jasa kurir telah menjadi bagian esensial dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Ia menambahkan, “Pengiriman barang tidak hanya dilakukan untuk kebutuhan belanja, tetapi juga untuk berbagai keperluan lain yang sama pentingnya. Kami meyakini bahwa industri kurir akan terus memiliki prospek baik dan mampu tumbuh secara berkelanjutan di tahun-tahun mendatang.”

Baca juga:

Dengan peran logistik yang semakin penting dalam mendukung perekonomian digital, prospek industri kurir dipandang masih cerah. TIKI pun berkomitmen melanjutkan inovasi, memperluas jangkauan, serta memperkuat kemitraan agar tetap menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia.


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV