Wuling Tegaskan Komitmen Bisnis Jangka Panjang di Indonesia
Wuling Motors tegaskan komitmen jangka panjang di Indonesia lewat produksi lokal, inovasi EV, dan jaringan nasional yang terus berkembang.

INFOBRAND.ID, Jakarta - Produsen otomotif asal Tiongkok, SAIC-GM-Wuling (SGMW), yang menaungi merek Wuling Motors, menyampaikan secara terbuka arah pengembangan bisnisnya di Indonesia sebagai bentuk komitmen jangka panjang terhadap pasar domestik.
Executive Vice President SGMW Headquarters, Vincent Wong, menegaskan bahwa kehadiran Wuling di Indonesia bukan sekadar untuk menjual kendaraan, melainkan membangun merek yang relevan dengan kebutuhan pasar lokal.
Baca juga:
- Aletra Mulai Rakit MPV Listrik Setir Kanan di Indonesia
- Kembali jadi Platinum Sponsor GIIAS, Yuk Intip Program Unggulan Astra Finansial
“Di Indonesia, kami telah menghadirkan lebih dari 160.000 kendaraan, dan kami bangga telah menjadi merek otomotif China nomor satu di negara ini," ujarnya dalam sesi Media Day GIIAS 2025, Rabu (23/7/2025).
Sejak memasuki pasar Indonesia pada 2017 melalui pabrik seluas 60 hektare di Cikarang, Jawa Barat, Wuling terus memperluas lini produknya. Berdasarkan catatan INFOBRAND.ID, total lebih dari 167.000 unit kendaraan telah diproduksi secara lokal selama delapan tahun terakhir.
Kini, Wuling memiliki sembilan model kendaraan yang terdiri dari empat unit berbasis mesin konvensional (internal combustion engine/ICE), satu model hybrid, dan empat model kendaraan listrik (electric vehicle/EV). Seluruh model tersebut diproduksi di dalam negeri sebagai bagian dari strategi industrialisasi lokal.
Wuling juga menjadi salah satu pelopor dalam transisi kendaraan listrik di Indonesia. Perusahaan ini merupakan produsen pertama yang memproduksi EV secara lokal sejak tahun 2022. Lini produk kendaraan listriknya dikenal dengan nama "ABC Stories", yang terdiri dari Wuling Air ev, Wuling Binguo EV, dan Wuling Cloud EV. Selain itu, Wuling juga telah memperkenalkan Mitra EV, model kendaraan listrik untuk segmen niaga.
“SGMW akan memperkenalkan teknologi dan produk terbaru langsung di Indonesia, dengan produksi lokal yang akan dimulai tahun ini,” ujar Vincent Wong.
Untuk mendukung transformasi tersebut, SGMW telah membangun tim riset dan pengembangan (R&D) yang solid, menggandeng lebih dari 50 mitra terkemuka serta melibatkan lebih dari 5.000 insinyur. Saat ini, perusahaan juga memiliki lebih dari 1.500 paten teknologi yang menunjang pengembangan 22 model kendaraan secara global.
Vincent juga menegaskan pentingnya investasi terhadap manusia dan mitra strategis. “Kami akan terus berinvestasi pada sumber daya manusia, mitra, dan komunitas agar Indonesia bisa semakin hebat. Transformasi bukanlah perjalanan yang lurus. Ada tantangan yang telah kami hadapi dan akan terus ada di masa depan,” tegasnya.
Di sisi distribusi, Wuling saat ini memiliki jaringan sebanyak 150 dealer di seluruh Indonesia. Jaringan ini bertujuan memperluas akses konsumen terhadap kendaraan Wuling serta meningkatkan layanan purnajual.
Baca juga:
- BYD Seagull Tiba di Indonesia, Siap Ramaikan Pasar EV
- Indomobil Jadi Distributor Resmi Mobil Mewah Hongqi
Dengan strategi jangka panjang yang terfokus pada elektrifikasi, pengembangan lokal, dan inovasi teknologi, Wuling menempatkan dirinya sebagai pemain utama di industri otomotif nasional yang semakin kompetitif dan berkelanjutan.