Sabtu, 11 Oktober 2025

Follow us:

infobrand
11th INFOBRAND

Denza D9 Siap Diproduksi Lokal Awal Tahun Depan

Denza D9 akan mulai diproduksi lokal awal 2026 seiring berakhirnya insentif impor. Penjualan stabil dan pasar MPV premium yang tumbuh jadi landasan ekspansi.

Denza D9 Siap Diproduksi Lokal Awal Tahun Depan Denza tampil perdana di GIIAS 2025 dengan produk unggulan dan strategi produksi lokal.

INFOBRAND.ID, Jakarta - Insentif impor kendaraan listrik yang berlaku di Indonesia dipastikan akan berakhir pada akhir tahun 2025. Menanggapi hal tersebut, Head of PR & Government BYD Indonesia, Luther T. Panjaitan, menegaskan bahwa pihaknya akan tetap mematuhi ketentuan yang berlaku.

"Kita kan mengacu pada peraturan perundang-undangannya yang sudah sampai saat ini kan belum ada perubahannya. Jadi kita harus ikutin bahwa itu akan harus selesai di tahun ini," ujarnya saat di ajang GIIAS 2025 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Senin (28/7/2025).

Baca juga:

IKLAN INFOBRAND.ID

IBOS EXPO 2025

Luther juga menyampaikan bahwa ketiadaan insentif bukan menjadi kekhawatiran bagi BYD. Ia justru menilai hal ini sebagai pemicu untuk segera membangun dan mengoperasikan fasilitas produksi di dalam negeri.

"Sebenarnya bukan masalah menjual mobil dengan insentif, tetapi ini meng-encourage kita sesegera mungkin punya fasilitas produksi. Kita tentunya harus confidence karena ini terkait sustainability business,” katanya.

Dalam rencana jangka pendeknya, BYD menargetkan produksi lokal untuk Denza D9, kendaraan SUV premium mereka, dimulai pada tahun 2026.

IKLAN INFOBRAND.ID

TOP INNOVATION CHOICE AWARD 2025

"Ya sesuai dengan komitmen itu setelah kita punya fasilitas produksi ya kita harus segera melakukan produksi di fasilitas tersebut. Jadi ya targetnya awal tahun ini," lanjut Luther.

Pabrik BYD Motor Indonesia akan beroperasi di kawasan industri Subang Smartpolitan, Subang, Jawa Barat. Fasilitas ini dibangun dengan nilai investasi mencapai US$ 1 miliar atau sekitar Rp16 triliun, dan memiliki kapasitas produksi hingga 150.000 unit kendaraan listrik setiap tahunnya.

Sejak diluncurkan tahun lalu, penjualan Denza D9 menunjukkan performa yang stabil di pasar Indonesia.

IKLAN INFOBRAND.ID

JASA PRESS RELEASE

"Berdasarkan data Gaikindo kita deliver sekitar ribuan, kemudian ordernya cukup stabil. Dari awal itu kita launching total sudah jual 6.000 lebih artinya ya stabil sekitar segitulah," ujar Luther.

Pencapaian ini dianggap sebagai indikator kuat terhadap tingginya minat pasar Indonesia terhadap kendaraan listrik premium. Dengan desain modern, fitur teknologi canggih, serta kabin lapang dan nyaman, Denza D9 dirancang untuk memenuhi kebutuhan mobilitas keluarga dan kalangan profesional. Luther menegaskan bahwa model ini berhasil menjawab ekspektasi pasar.

Denza D9 juga telah memperkuat posisinya di segmen MPV listrik premium. Saat ini, kendaraan tersebut menguasai lebih dari 60% pangsa pasar.

"Jadi, sudah cukup membanggakan secara hasil buat kita mudah-mudahan itu tetap berjalan dengan baik dan kita juga bisa memenuhi kepuasan pelanggan ke depannya," harapnya.

Dalam strategi distribusi, BYD Motor Indonesia juga berencana memperluas jaringan dealer untuk Denza. Presiden Direktur BYD Motor Indonesia, Eagle Zhao, sebelumnya menyatakan bahwa akan ada tambahan lima dealer baru.

"Saat ini, lima dealer Denza beroperasi di kota-kota kunci di Indonesia. Lima dealer lagi akan segera dibuka," ungkapnya.

Denza Tampil di GIIAS 2025

Pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025, Denza tampil dengan tema "Crafted Luxury, Electrified Future". Kehadiran mereka di ajang ini mencerminkan langkah strategis untuk memperkuat posisi Denza dalam segmen kendaraan listrik premium yang tengah berkembang pesat di Indonesia.

Dalam pameran tersebut, Denza menampilkan Denza D9 sebagai produk andalan yang sudah tersedia di pasar. Selain itu, Denza Z9 juga dipamerkan secara khusus sebagai visi masa depan dari lini sedan listrik premium mereka. Pengunjung GIIAS berkesempatan merasakan langsung performa Denza D9 melalui area test drive eksklusif yang tersedia sepanjang pameran, mulai 24 Juli hingga 3 Agustus 2025.

Baca juga:

Kehadiran booth Denza menjadi salah satu sorotan utama di GIIAS 2025. Dengan desain futuristik dan pengalaman interaktif, booth ini memberikan gambaran lengkap mengenai teknologi, kenyamanan, dan inovasi yang diusung oleh Denza. Hal ini sekaligus memperkuat citra Denza sebagai pemain utama dalam peta industri kendaraan listrik premium di Tanah Air.


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV