Ahad, 28 September 2025

Follow us:

infobrand
11th INFOBRAND

Project 1945: Parfum Lokal Angkat Aroma Nusantara

Posted by: Zeinal Wujud | 18-08-2025 15:29 WIB | 494 views

Project 1945 hadir sebagai parfum lokal yang mengangkat budaya Indonesia melalui aroma khas nusantara dan kolaborasi strategis bersama Shopee.

Project 1945: Parfum Lokal Angkat Aroma Nusantara Project 1945 meracik parfum dengan sentuhan autentik budaya Indonesia, menghadirkan aroma yang menjadi potret kekayaan nusantara.

INFOBRAND.ID, Jakarta - Industri parfum Indonesia dalam beberapa tahun terakhir mulai menunjukkan geliat pertumbuhan yang menjanjikan. Salah satu brand lokal yang berhasil menarik perhatian publik adalah Project 1945, sebuah label parfum yang lahir dari semangat melestarikan budaya dan kearifan lokal melalui aroma.

Pemilik Project 1945, Jeffrey, menegaskan bahwa terbukanya ruang berkreasi serta kemajuan teknologi memberi peluang besar untuk melestarikan identitas bangsa lewat cara yang relevan dengan zaman. Menurutnya, membangun brand parfum lokal merupakan jalan untuk menghadirkan kisah perjuangan sekaligus kecantikan nusantara dalam kemasan modern.

"Berawal dari diskusi santai tentang bagaimana inspirasi untuk sebuah karya, produk dan gaya hidup kebanyakan masih terinspirasi dari negara lain. Padahal Indonesia punya budaya yang kaya cerita dan keindahan alam yang luar biasa. Dari situ kami termotivasi untuk mengangkat daerah dan budaya Indonesia melalui produk kami," ujar Jeffrey dalam keterangan tertulis, Senin, (18/8/2025).

IKLAN INFOBRAND.ID

IBOS EXPO 2025

Baca juga:

Menyampaikan Cerita Indonesia Lewat Aroma

Jeffrey melihat peluang di industri parfum sejak 2021, ketika kesadaran terhadap parfum lokal mulai tumbuh. Dari situ, ia meluncurkan Project 1945, sebuah nama yang menurutnya merepresentasikan kebanggaan dan identitas Indonesia.

"Tujuan kami adalah untuk memperkenalkan dan membawa keindahan Indonesia semakin dekat dengan masyarakat, khususnya anak-anak muda sekarang. Itu juga yang menjadi alasan utama kami berjalan berdampingan bersama Shopee sejak awal, untuk semakin mengoptimalkan teknologi dalam membuka akses lebih luas terhadap produk kami," jelasnya.

IKLAN INFOBRAND.ID

TOP INNOVATION CHOICE AWARD 2025

Namun perjalanan membangun brand tidak selalu mudah. Jeffrey menuturkan bahwa salah satu tantangan terbesar adalah mengubah persepsi masyarakat terhadap parfum lokal yang dulu dianggap kalah kualitas dibanding produk internasional. "Salah satu tantangan terbesar bagi kami adalah memikirkan cara agar produk wewangian dengan identitas lokal dapat tetap relevan dan memiliki daya tarik bagi konsumen modern," katanya. Meski begitu, ia memberanikan diri meluncurkan tiga parfum pertama: The Great Batavia, Sunset in Sumba, dan Bambu Runcing.

Masing-masing parfum memiliki kisahnya. The Great Batavia menghidupkan aroma klasik Jakarta tempo dulu, Sunset in Sumba menyoroti eksotisme Sumba, sedangkan Bambu Runcing mengemas simbol perjuangan rakyat dalam aroma berani. Produk lain yang populer adalah Princess of Java yang terinspirasi sosok Ibu Kartini, serta Waters of Maluku yang menggunakan cengkeh asli Maluku. Semua racikan selalu disertai sentuhan autentik Indonesia.

"Bekerja sama dengan para perfumer berpengalaman, kami berupaya untuk memahami betul mengenai kualitas dan teknologi parfum. Tantangan dalam proses pembuatan parfum adalah menciptakan parfum beraroma segar yang tetap tahan lama di iklim tropis," ungkap Jeffrey.

IKLAN INFOBRAND.ID

JASA PRESS RELEASE

Kolaborasi dengan Shopee untuk Tumbuh

Sejak diluncurkan pada Desember 2021, Project 1945 langsung menjadikan Shopee sebagai etalase digital utama. Dengan modal terbatas, Jeffrey memilih fokus memanfaatkan teknologi untuk memperluas jangkauan pasar.

"Kami melihat Shopee bukan hanya sebagai tempat berjualan, tetapi juga sebagai partner strategis untuk pertumbuhan Project 1945. Kami memilih Shopee awalnya karena kita lihat masyarakat Indonesia khususnya target audience kita sudah terbiasa berbelanja di Shopee," jelasnya.

Dukungan Shopee terhadap UMKM membuat Project 1945 tumbuh lebih cepat. "Shopee memberikan kami kesempatan untuk tumbuh dengan berbagai program dan fitur yang ditawarkan. Dampak signifikan pun terasa, salah satu contohnya terlihat pada kampanye angka kembar 8.8 2025 kemarin, dimana tercatat adanya peningkatan pesanan lebih dari 7 kali lipat dibandingkan dengan hari biasa," tambah Jeffrey.

Selain berjualan, Jeffrey juga memanfaatkan fitur Shopee Live untuk berinteraksi langsung dengan konsumen hingga 4–5 kali seminggu. "Kami terus belajar dan bergerak dengan perubahan, baik dalam inovasi produk serta strategi pemasaran," katanya. Ia juga mulai menjajaki Shopee Affiliates sebagai strategi distribusi baru.

Dalam rangka perayaan Hari Kemerdekaan, Project 1945 berkolaborasi dengan delapan seniman lokal yang menghadirkan karya mereka dalam edisi khusus. Koleksi ini dapat diperoleh melalui Shopee, memperkuat semangat apresiasi terhadap karya anak bangsa.

Baca juga:

Dengan kombinasi inovasi produk, kolaborasi strategis, dan konsistensi menjaga identitas lokal, Project 1945 membuktikan bahwa parfum lokal mampu bersaing sekaligus menjadi media untuk merayakan kekayaan budaya Indonesia.


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV