Pos Indonesia Siap Jadi Tulang Punggung Logistik Lewat 1 Juta Rute
Posted by: Zeinal Wujud | 06-08-2025 17:04 WIB | 538 views
Pos Indonesia kembangkan lebih dari satu juta rute melalui bisnis wholesale, bertujuan menjadi backbone logistik nasional yang inklusif dan efisien.

INFOBRAND.ID, Jakarta - PT Pos Indonesia telah memantapkan posisinya sebagai tulang punggung layanan pos dan logistik nasional dengan memperluas model bisnis wholesale serta menjalin sinergi dengan penyelenggara pos dan kurir lain. Strategi ini dirancang untuk mendukung transformasi digital, efisiensi operasional, dan pemerataan layanan hingga ke pelosok Indonesia sesuai dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Digital Nomor 8 Tahun 2025.
Baca juga:
“Hal ini untuk mendorong transformasi digital, efisiensi operasional dan pemerataan layanan logistik nasional hingga ke pelosok Indonesia,” ujar Prasabri Pesti, Direktur Business Development & Portfolio Management Pos Indonesia (6/8/2025).
Lebih lanjut, Ia menambahkan bahwa Pos Indonesia memiliki lebih dari satu juta rute di seluruh Indonesia.
“Kapasitas terpasang Pos Indonesia sangat besar mencakup rute angkutan primer‑sekunder‑tersier, warehouse, fulfillment center, serta armada last mile di seluruh wilayah Indonesia. Kami memiliki lebih dari satu juta rute wara‑wiri di seluruh Indonesia,” ujarnya
Angkutan backbone darat dengan kapasitas besar beroperasi harian dari Aceh hingga Mataram, serta tersedia ruang besar di palka kapal Pelni milik PosIND yang melayari rute laut setiap hari.
Strategi wholesale tersebut didasarkan pada tiga pilar utama. Pertama, optimalisasi interkoneksi layanan end‑to‑end, termasuk pemanfaatan CPTD (Collecting, Processing, Transportation, Distribution), baik secara parsial maupun menyeluruh. Kedua, pemanfaatan aset dan armada milik Pos Indonesia seperti lebih dari 1.200 kendaraan roda empat dan 13.000 sepeda motor, serta jaringan warehouse dan hub di seluruh Indonesia. Ketiga, layanan teknologi berbasis platform digital POSIND yang mendukung interoperabilitas dan efisiensi layanan.
Menurut Prasabri, okupansi kapasitas produksi PosIND saat ini masih longgar, sehingga menyediakan peluang besar untuk menjalin kemitraan wholesale dengan pelaku logistik lainnya.
“Kami siapkan kolaborasi wholesale dengan pemain kurir dan logistik lainnya. Mari tumbuh bersama,” ujarnya.
Model bisnis wholesale ini selaras dengan lima prioritas utama Layanan Pos Komersial sesuai Permen Komunikasi dan Digital No. 8 Tahun 2025, yaitu: perluasan jangkauan layanan, peningkatan perlindungan konsumen, pemanfaatan infrastruktur bersama, sistem monitoring transparan, dan transformasi menuju logistik ramah lingkungan.
Baca juga:
- J&T Express Dukung Jakarta X Beauty 2025, Permudah Jastiper dan Beauty Enthusiasts
- Pos Indonesia Dukung Aturan Pembatasan Gratis Ongkir
Dengan infrastruktur yang memadai, dukungan regulasi yang progresif, serta strategi kolaboratif, Pos Indonesia optimis dapat menjadi katalis pertumbuhan ekosistem logistik nasional yang inklusif, efisien, dan berkelanjutan.