Nabati Group dan Bank Mandiri Menjaga Irama Pertumbuhan
Posted by: Zeinal Wujud | 05-09-2025 16:11 WIB | 284 views
Nabati Group bersama Bank Mandiri menjaga pertumbuhan bisnis global dengan inovasi finansial dan komitmen kuat pada konsumen.

INFOBRAND.ID, Jakarta - Siapa yang tak mengenal Wafer Richeese dan Biskuit Nextar? Dua produk camilan ini tidak hanya populer di pasar domestik, tetapi juga berhasil menembus pasar internasional. Di balik kesuksesan tersebut berdiri Nabati Group, perusahaan makanan ringan asal Bandung yang telah menjelma menjadi pemain besar di industri Fast Moving Consumer Goods (FMCG).
Baca juga:
- WICO Hentikan Bisnis Consumer Goods, Fokus ke Kesehatan
- Eva Arisuci Rudjito, Pemimpin Kolaboratif di Balik Transformasi Cussons Baby
Berawal dari pabrik sederhana, Nabati tumbuh menjadi brand yang dekat dengan jutaan konsumen. Namun, perjalanan ekspansi besar tentu tidak ditempuh sendirian. Sejak 2012, Nabati menjalin kemitraan strategis dengan Bank Mandiri, yang tidak hanya menyediakan layanan perbankan, tetapi juga memastikan stabilitas arus bisnis di tengah laju pertumbuhan yang semakin cepat.
Melalui layanan cash management system, Nabati mampu memantau arus kas secara real time. Layanan payroll Bank Mandiri juga memastikan ribuan karyawan menerima gaji tepat waktu. Di sisi lain, fasilitas transaksi internasional menjadi tulang punggung untuk mendukung ekspor ke berbagai negara. Transformasi digital kian kokoh ketika Nabati mengadopsi Kopra by Mandiri, platform digital untuk nasabah wholesale, yang membuat pengelolaan transaksi besar lebih efisien.
“Dengan sistem digital, kami bisa lebih fokus pada pengembangan bisnis. Sementara urusan transaksi berjalan dengan sendirinya,” ujar Head of Fundraising & Insurance Nabati Group Iwan Gozali di Bandung, Rabu (3/9).
Meski terus berekspansi hingga ke 10 unit bisnis—mulai dari restoran cepat saji, logistik, e-commerce, hiburan digital, hingga properti—Nabati tetap berpegang pada nilai utamanya: menjaga kedekatan dengan konsumen. Salah satu wujudnya adalah mempertahankan harga camilan Rp500 sejak awal diperkenalkan. Prinsip ini menunjukkan bahwa meski telah berkembang menjadi perusahaan global, Nabati tidak melupakan akar dan komitmennya kepada masyarakat.
“Bagi Nabati, Bank Mandiri adalah mitra yang membantu menjaga stabilitas itu. Terima kasih atas dukungan dan kerja sama dari Bank Mandiri untuk Nabati Group,” tambah Iwan.
Kemitraan tersebut membuat Nabati semakin percaya diri menatap masa depan, dari dapur sederhana di Bandung hingga menembus pasar global.
Bank Mandiri sendiri terus menegaskan komitmennya mendampingi berbagai segmen nasabah, mulai dari usaha kecil yang membutuhkan akses modal, keluarga yang memerlukan layanan ritel terjangkau, hingga perusahaan besar yang membutuhkan solusi finansial terintegrasi.
Dalam rangka Hari Pelanggan Nasional ke-22, Direktur Utama Bank Mandiri Riduan menyampaikan apresiasinya kepada nasabah. “Keberhasilan nasabah adalah keberhasilan kami. Karena itu, kami berkomitmen menjaga sinergi dengan semua segmen, melakukan akselerasi layanan dan terus menghadirkan pengalaman yang berarti,” ujarnya.
Komitmen tersebut diwujudkan melalui berbagai inisiatif, seperti dukungan pembiayaan UMKM, pengembangan layanan digital, hingga solusi bisnis untuk menjaga daya saing perusahaan besar. Semua diarahkan agar setiap nasabah dapat melangkah lebih jauh dan memberi manfaat lebih luas.
Seruan “Dari Hati Memberi Arti” lahir dari semangat itu. Bagi Bank Mandiri, melayani bukan sekadar mencatat transaksi, melainkan memberi arti bagi kehidupan dan usaha nasabah. Kepercayaan yang diberikan jutaan orang menjadi fondasi untuk terus berinovasi, menjaga sinergi, dan memperkuat layanan.
Baca juga:
- Dari Djarum ke Kopi Tubruk Gadjah: Langkah Diversifikasi Robert Budi Hartono
- Kopi Tubruk Gadjah, Andalan Grup Djarum di Pasar FMCG
Pada akhirnya, setiap kisah sukses nasabah—termasuk Nabati Group—bukan hanya milik mereka sendiri, tetapi juga milik Bank Mandiri. Sebuah perjalanan bersama, dari hati, untuk memberi arti.