INFOBRAND.ID Buka Pendaftaran Penjurian Program CSV Perusahaan
Posted by: Agus Aryanto | 08-09-2025 15:58 WIB | 208 views

Konsep CSV yang diperkenalkan Michael Porter dan Mark Kramer pada 2011, menekankan bahwa perusahaan dapat meningkatkan daya saing sekaligus memperbaiki kondisi sosial-ekonomi di komunitas sekitar. Dengan kata lain, perusahaan tidak lagi sekadar menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR) yang sifatnya filantropis, melainkan menjadikan solusi sosial sebagai bagian dari strategi bisnis inti.
Untuk melihat program CSV apa saja yang dijalankan oleh perusahaan, dan seberapa besar dampak positif yang didapatkan oleh perusahaan, sosioal dan lingkungan, INFOBRAND.ID bekerjasama dengan TRAS N CO Indonesia sebagai perusahaan konsultan yang fokus pada penelitian dan perkembangan brand-brand di Indonesia, dan Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Airlangga, kembali melakukan penjurian Top Creating Shared Value.
Susilowati Ningsih, CEO INFOBRAND.ID mengungkapkan, penjurian dilakukan bertujuan untuk meningkatkan reputasi perusahaan dan kepercayaan publik, mendorong keunggulan kompetitif melalui penguatan dampak positif perusahaan terhadap lingkungan dan sosial, program ini akan menjadi sarana apresiasi sekaligus evaluasi mendalam mengenai sejauh mana perusahaan telah mengintegrasikan CSV dalam strategi bisnis jangka panjang.
Penilaian dalam proses penjurian CSV dilakukan berdasarkan tiga parameter utama meliputi CSV Concept Aspect, CSV Impact Aspect, dan CSV Branding Aspect. Selain itu juga dalam pemaparan program CSV harus selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGS) yang dapat diukur tingkat keberhasilannya berdasarkan SROI (Social Return On Investment) yaitu mengukur dampak program sosial yang dilakukan bagi perusahaan, lingkungan dan sosial.
“Melalui penjurian ini, kami percaya perusahaan Bapak/Ibu dapat memperkuat citra sebagai pelaku bisnis yang tidak hanya mengejar keuntungan, tetapi juga berkontribusi nyata dalam menciptakan nilai bersama bagi masyarakat dan lingkungan. Kami dengan hormat mengundang perusahaan Bapak/Ibu untuk mendaftarkan diri dalam Program Penjurian Creating Shared Value (CSV) Tahun 2025,” jelas Susilowati Ningsih.
Lebih lanjut Susilowati Ningsih menjelaskan, penjurian dilakukan oleh tiga orang dewan juri berkompeten, yakni; Bapak Prof. Dr. Gancar Candra Premananto, CI., CDM., QCRO., AIBIZ., CCC., Ketua Departemen Manajemen FEB Universitas Airlangga. Ibu Prof. Sri Rahayu Hijrah Hati, Ph.D., Guru Besar dan Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. Dan Bapak Tri Raharjo., SE., MM., CPR., CDMs., CEO TRAS N CO Indonesia & Chairman Indonesia Brand Community.
“Penilaian dilakukan berdasarkan tiga aspek CSV Meters; CSV Concept Aspect – kualitas konsep dan integrasi strategi CSV dalam bisnis. CSV Impact Aspect – ukuran nyata dampak sosial dan ekonomi yang dihasilkan. CSV Branding Aspect – sejauh mana CSV memperkuat citra dan reputasi perusahaan,” jelas Susilowati Ningsih.
Proses penjurian dilakukan pada tanggal 8 – 30 September 2025. Selanjutnya bagi perusahaan-perusahaan yang lolos dalam penjurian, akan mengikuti penganugerahan Top Corporate of The Year Award 2025 yang akan diselenggarakan pada Rabu 26 November 2025.
Untuk registrasi, seleksi dan penjurian Top Creating Shared Value Award 2025 di link berikut.(***)