Dreame Buktikan Dominasi di Home & Living, Raih Brand Choice Award 2025
Posted by: Alvin Pratama | 16-09-2025 16:25 WIB | 173 views

INFOBRAND.ID – Membersihkan rumah kini tidak lagi menjadi pekerjaan berat, seiring hadirnya teknologi robot vacuum cleaner yang mampu bekerja cepat, cerdas, dan efisien. Di tengah gaya hidup modern yang menuntut kepraktisan, brand Dreame tampil sebagai pilihan utama konsumen dengan menghadirkan inovasi pembersih pintar yang mengedepankan kenyamanan dan kualitas kebersihan maksimal.
Didirikan pada 2017 sebagai bagian dari ekosistem Xiaomi, Dreame terus berfokus menghadirkan teknologi yang meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Salah satu produk andalannya, robot vacuum cleaner, dilengkapi dengan daya hisap ultra kuat hingga 12.000 Pa, navigasi LiDAR presisi, serta fitur pembersihan dan pengeringan pel otomatis. Kombinasi tersebut menjadikan Dreame tidak hanya sekadar alat pembersih rumah, tetapi juga representasi kecanggihan teknologi yang menghadirkan kemudahan nyata bagi penggunanya.
Menurut Yoli Chavien, Ecommerce and Marketing Dreame, kesadaran merek menjadi pondasi penting dalam perjalanan Dreame di Indonesia. Untuk itu, perusahaan melakukan langkah komprehensif, baik secara online maupun offline.
“Ketika membangun awareness, banyak investasi awal yang kami lakukan, terutama melalui QoL, program afiliasi, dan berbagai channel digital. Intinya, semua kanal digital kami maksimalkan agar pesan brand sampai ke audiens yang tepat,” jelas Yoli.
Tidak hanya fokus pada awareness, Dreame juga memperkuat strategi penjualan melalui platform digital. Yoli menegaskan bahwa Dreame selalu menjaga hubungan baik dengan berbagai marketplace dan mitra strategis.
“Kami berkerabat baik dengan semua platform tanpa pengecualian. Semua investasi dan support yang bisa diberikan, kami lakukan. Bahkan, untuk platform internasional yang sudah ada di luar Indonesia, kami membangun koneksi sejak awal, sehingga ketika masuk ke pasar Indonesia, prosesnya jauh lebih mudah karena ada benchmark dari negara lain,” ungkapnya.
Peran media sosial juga tak kalah penting dalam memperluas jangkauan Dreame. Dengan strategi konten yang terukur, Dreame konsisten menghadirkan konten kreatif untuk mengedukasi dan mendekatkan produk ke konsumen.
“Konten kreatif menjadi senjata utama kami. Mulai dari review, tips & tricks seputar kehidupan sehari-hari, hingga narasi yang selalu berujung pada solusi yang ditawarkan produk kami. Saat ini, sekitar 80% konten kami berasal dari user generated content (UGC), sementara 20% diproduksi in-house,” papar Yoli.
Atas kinerja tersebut, Dreame dianugerahi Brand Choice Award Home & Living 2025 untuk kategori Robot Vacuum Cleaner. Penghargaan bergengsi yang digelar oleh INFOBRAND.ID bersama lembaga riset independen TRAS N CO Indonesia ini diserahkan pada acara penganugerahan yang berlangsung pada 15 September 2025 di JS Luwansa, Jakarta.
Penghargaan Brand Choice Award 2025 ini menjadi pencapaian istimewa, mengingat Dreame baru dua tahun beroperasi di Indonesia.
“Kami sangat bangga bisa menjadi salah satu dari tiga perusahaan yang terpilih dalam kategori ini. Penghargaan ini menjadi validasi penting, sekaligus menambah kepercayaan konsumen terhadap brand kami. Meski baru dua tahun hadir di Indonesia, kami membuktikan bahwa Dreame bisa dipercaya dan bersaing dengan brand global maupun lokal,” kata Yoli.
Popularitas Dreame di pasar digital turut memperkuat posisinya sebagai merek pilihan konsumen. Hal ini tercermin dari 87.600 ulasan positif di internet, 3.197 transaksi, serta 765 review di marketplace dengan rating nyaris sempurna 4,9. Kehadirannya di media sosial juga mencatat performa mengesankan dengan 40 ribu followers di Instagram, 49 ribu subscribers di YouTube, dan 65 ribu followers di TikTok, menegaskan kedekatan brand ini dengan konsumen muda yang aktif secara digital.
Penghargaan ini menjadi bukti nyata kepercayaan konsumen terhadap Dreame, sekaligus apresiasi atas kontribusinya dalam menghadirkan solusi kebersihan modern yang memadukan teknologi, inovasi, dan kualitas. Dengan raihan ini, Dreame kian meneguhkan posisinya sebagai brand pilihan masyarakat di era rumah pintar.