Avian Brands Siapkan 6 Pusat Distribusi Baru di 2025
Posted by: Zeinal Wujud | 06-08-2025 16:01 WIB | 503 views
Avian Brands targetkan 6 pusat distribusi baru pada 2025 untuk perluas cakupan pasar dan tingkatkan layanan ke konsumen di berbagai wilayah Indonesia.

INFOBRAND.ID, Jakarta - PT Avia Avian Tbk atau Avian Brands (kode saham: AVIA) terus memperluas jaringan distribusinya sebagai bagian dari strategi memperkuat layanan kepada konsumen di seluruh Indonesia. Melalui anak perusahaannya, PT Tirtakencana Tatawarna, Avian menargetkan pembukaan enam pusat distribusi baru pada tahun 2025.
Baca juga:
- KFC Indonesia Pangkas Kerugian Jadi Rp138 Miliar di Semester I-2025
- Strategi ENAK Hadapi Tren Rojali dan Rohana
Langkah ekspansi ini merupakan kelanjutan dari pembukaan dua pusat distribusi terbaru pada Agustus 2025 yang berlokasi di Tangerang Selatan dan Malang. Kedua lokasi tersebut dipilih berdasarkan potensi pasar yang besar serta kebutuhan untuk mempercepat distribusi produk.
"Kedua pusat distribusi yang baru ini adalah pecahan dari pusat distribusi sebelumnya, karena kami melihat besarnya potensi di Tangerang dan Malang. Harapannya kami dapat semakin sigap memenuhi kebutuhan konsumen kami," jelas Johnny Lukas, Direktur Keuangan PT Tirtakencana Tatawarna, dalam keterangan resmi pada Rabu (6/8/2025).
Dengan tambahan enam pusat distribusi baru, Avian membidik total 145 titik distribusi aktif di seluruh Indonesia hingga akhir tahun depan. Ekspansi ini menjadi langkah penting untuk mendekatkan produk ke pasar, meningkatkan efisiensi pengiriman, dan memastikan ketersediaan produk di berbagai wilayah.
Penyebaran pusat distribusi ini tidak hanya menyasar kota-kota besar, namun juga menjangkau wilayah kabupaten dan kota tier 2 yang selama ini belum mendapatkan cakupan distribusi optimal dari Avian. Fokus ini menjadi bagian dari strategi pemerataan produk hingga ke pelosok.
“Beberapa tahun belakangan ini, kami menargetkan kota, kabupaten, ataupun kecamatan yang sekiranya sulit dijangkau untuk pemerataan produk. Kami ingin memastikan dimanapun dan kapanpun produk kami dibutuhkan, konsumen bisa dengan segera mendapatkannya," ungkap Rudy Susanto, Direktur Penjualan PT Tirtakencana Tatawarna.
Langkah strategis ini diperkuat dengan kinerja Avian di pasar cat dan pelapis dekoratif nasional. Saat ini, perusahaan menguasai 24 persen pangsa pasar di sektor tersebut. Dominasi ini didukung oleh dua fasilitas produksi utama yang berlokasi di Sidoarjo, Jawa Timur, dan Serang, Banten.
Secara struktur bisnis, penjualan Avian terbagi menjadi dua kategori utama: solusi arsitektur dan barang dagangan. Sekitar 80 persen dari total pendapatan perusahaan berasal dari solusi arsitektur, sementara sisanya sebesar 20 persen berasal dari lini barang dagangan.
Baca juga:
- Rekening Dormant Diblokir PPATK, Dana Nasabah Tetap Aman
- BCA Jaga Budaya Kerja Positif, Raih Penghargaan HR Asia
Dengan jaringan distribusi yang terus tumbuh dan strategi penetrasi pasar yang konsisten, Avian Brands menunjukkan komitmennya dalam menghadirkan produk cat berkualitas tinggi yang mudah dijangkau oleh konsumen di seluruh Indonesia.